Ilmu ke-8 : WIN WIN

Lanjut sob dari tulisan yang kemaren, Yang memberi pasti menerima

Apakah maksudnya Win Win? Win-win ada 2 macam. Yang pertama adalah Win (tangan menunjuk diri sendiri), kemudian baru Win (tangan menunjuk ke orang lain).

Cukup bagus, tapi ada yang lebih bagus yaitu yang kedua : Win (tangan menunjuk ke orang lain lebih dahulu), baru Win (tangan menunjuk ke diri sendiri).

win-win solution

Salah satu contoh, ketika kita bisa memastikan orang lain Win terlebih dahulu, maka kita akan bisa menjadi Win. Jangan Win dan kita lose/kalah, tidak boleh juga. Ataupun lose lose juga tidak baik, atau kita Win orang lain lose tidak boleh juga karena akan tahan sebentar saja dan orang jadi tidak mau lagi.

Contohnya saya mempunyai teman, yang sangat-sangat luar biasa. Dia membeli tanah di suatu tempat. Tanahnya ini sudah tidak laku, dan harganya tinggi. Tapi teman saya ini punya ide untuk membuat nilai tambah luar biasa, karena uang itu sebenarnya adalah ide. Dan dia jago sekali buat ide dan dia buat orang lain merasa win terlebih dahulu, dan benar-benar Win baru kita bisa win, dan setelah itu Anda akan bisa make money, so much money.

Teman saya tadi menemukan ada tanah, harganya 1 juta US. Ini hanya sekedar contoh, tapi true story, Kisah Nyata.

Harga tanah 1 juta US dia tawar 1,2 Juta US. Orang yang ditawar berkata : sepanjang sejarah orang yang nawar itu pasti nawar lebih murah, kenapa anda nawar lebih tinggi? Saya mau 1,2 Juta, tapi 1 juta saja saya mau, kenapa anda nawar 1,2 juta?

Nah, teman saya ini berikan orang yang punya tanah ini win dahulu, baru dia minta dia win. Apa  yang dia minta? Dia bilang : “begini, Anda akan bayar 1,2 juta, walaupun 1 juta ini sangat-sangat mahal dan sudah 10 tahun juga tidak laku, saya mau tawar 1,2 juta karena saya ada pemikiran ini. Saya minta option atau haknya terlebih dahulu. Di dalam waktu satu tahun baru akan kami bayar.

Jadi maksud option-nya adalah haknya dipindahkan dulu kepada teman saya, sehingga teman saya bisa membuat gambarnya, membuat designnya dan sebagainya, dan bisa ditawarkan dan dia bisa dapat duit yang lebih banyak baru dia bayar.

Kemudian yang punya tanah bertanya :”Loh nanti kalau tidak laku bagaimana? Trus kemudian anda batal?” Lalu teman saya jawab: “kalau saya batal, apakah ada resikonya bagi Anda? Kan selama ini juga tidak laku, dan kalau laku bisa jadi 1,2 juta US atau untung 20% dalam waktu satu tahun.”

Lalu orang itu pikir-pikir: “Betul juga selama ini 1 juta tidak ada orang yang mau, tapi sekarang 1,2 dan kalau ternyata tidak berhasil, ya Nothing to lose, tidak ada ruginya, paling saya jual lagi kepada orang lain. Tapi kalau dia berhasil, saya untung 20%.” Akhirnya dia merasa Win, mendadak dia setuju untuk membuat teman saya mempunyai Hak terlebih dahulu, bahkan tanpa uang sama sekali.

Kemudian apa yang terjadi, teman saya ini menawarkan tanah kepada satu Hotel yang besar sekali karena tanahnya sangat-sangat luas. Dan Hotel ini merasa tidak suka membangun di sini, karena jauh dari keramaian walaupun tempatnya sangat-sangat indah, tapi masih sangat-sangat mentah, jadi butuh waktu untuk membangunnya.

Dan ketika dia ragu-ragu, teman saya ngomong kepada yang punya hotel : Tenang saja, kamu datang dulu ke tempatnya, lihat saja. Dan begini, dari gambar, nanti kamu boleh pilih tempatnya, entah berapa luas selama masih masuk akal, akan kami berikan GRATIS !

Dengan kata Gratis ini, teman saya memastikan bahwa orang tadi merasa Win dulu. Dan ternyata Hotel tadi setuju, karena nama hotelnya besar dan begitu dia melihat tempat yang begitu indahnya dan dia merencanakan akan ada lapangan golf disana, dan Resortnya yang semua di tepi pantai, Pantainya akan dikeruk dan semua akan dibikin indahnya, dengan lautan yang begitu luasnya dan masih ada lumba-lumbanya dan beautiful sekali.

Akhirnya Hotel yang sangat terkenal ini setuju untuk membuka Hotel di sana. Dan ketika dia setuju untuk buka Hotel di sana, teman saya datang ke tempat orang yang memiliki Lapangan Golf yang sangat terkenal di dunia, dan dia ngomong: “Mari kita buka di sini, Hotel yang ternama dan namanya ini sudah buka loh.”

Kemudian orang  yang punya lapangan golf ini, yang jago design & terkenal sekali di seluruh dunia, dia pikir-pikir: “Mmmm... boleh sih, tapi itu belum prioritas saya.” Jawab teman saya : “Nggak apa-apa, lihat saja dulu, nanti kamu boleh kapling dulu entah berapa luas selama masih masuk akal, akan kami berikan secara GRATIS !”

Katanya : “Oh kalau gratis boleh juga”. Kemudian dia semangat, lihat dan ukur-ukur, kemudian dia minta luas tertentu, dan karena masih masuk akal, “Ok!” kata teman saya dan dikasih gratis.

Apa yang terjadi? Valuasi marketnya seketika naik dari 1 juta US jadi 6 juta US. Kemudian dia kapling dan dia jual sebagian, dan uangnya dia bayarkan kepada pemilik tanah sejumlah 1,2 juta US. Kemudian ketika dia develop, duitnya dia masukin. Dan ketika Hotelnya mulai develop, mendadak harga tanah di area Resort/ daerah tadi naik jadi 50 juta US. Tanpa Uang....!

Jadi ketika kita memastikan Orang lain Win, dan kita Win, ILmu ini adalah sangat-sangat mencerahkan, membuat orang lain sangat kaya, membuat orang lain sangat bahagia, hidupnya lebih mudah, dan inilah yang harus kita tempuh : Win and Win, orang lain pastikan dulu Win, baru kita pastikan diri kita juga Win.

.

.

pict from : ummatipress

This entry was posted in , , , , . Bookmark the permalink .

42 Responses to Ilmu ke-8 : WIN WIN

  1. ok dech win klo gitu,,,, you win and i win....

    thanks sob

    BalasHapus
  2. ilmu win win memang mantap juga tuh gan,, ane coba dech klo gitu,,,,

    BalasHapus
  3. Mantaaappp dech...!!!!
    harus d coba nich...!!!

    BalasHapus
  4. Mantao gan ilmu nya.. Di coba aahh.

    BalasHapus
  5. wah benar juga mas gan tips win-winya
    boleh untuk dicobain nih mas bro...........terimakasih atas informasinya

    BalasHapus
  6. keren gan,,
    langsung di coba saja.

    BalasHapus
  7. Terima kasih sobat atas berbagi pencerahannya ini

    BalasHapus
  8. kereeenn suerr takewerr keweerr,,,
    bisa di contoh ga yah..
    :)

    BalasHapus
  9. Kalau sebaliknya gimana, kta win dulu.. baru me winkan yang lain? ^^

    BalasHapus
  10. lebih baik win dulu or me win kan yg lain dlu..??

    BalasHapus
  11. waahhh...ternyata bgitu yo,,,
    thx infonya mas..

    BalasHapus
  12. ilmu baru nih bwat saya,,
    maksi ya mas..
    semoga sukses..

    BalasHapus
  13. mantep nich. . .,langsung di coba dech. . .
    mksh buat infonya. . .

    BalasHapus
  14. ini yang namanya win-win solution bukan?

    BalasHapus
  15. binging juga ngomentarinya hehe,,,salam kenal ya gan

    BalasHapus
  16. mantaps coy terima kasih atas artikelnya

    BalasHapus
  17. aduh belum mengerti nih... hehe

    BalasHapus
  18. mantap artikelnya gan. itu nama solusi kemenangan

    BalasHapus
  19. strategi yang bagus gan. bagaimana kita memenangkan sesuatu dengan ide ...

    BalasHapus
  20. Luar biasa artikelnya, perlu saya baca kembali nih mastah.

    BalasHapus
  21. betul gan,,sangat setuju,,memang harus selalu win0-win solution,,demi kebaikan bersama

    BalasHapus
  22. @ obat : ok

    @ tas : yup

    @ perawat : sama-sama :D

    @ fahrie : kn udah dijelasin di atas ^^

    @ rizhani : yup

    BalasHapus
  23. @ electronic : oyi boz

    @ akuntansi : yep

    @ foredi : mari qta belajar :)

    @ bisnis online blog : wah si prof udah comment nih :)

    BalasHapus
  24. aiptt dechh ilmunya baruu akuu tahuu ,, disini akuu lebihh bisa mengerti ,, thanks ..

    BalasHapus
  25. ornag kaya gitu yang benar2 sukses,,dia sungguh memeiliki ide yang briliant,,thanks buat share nya

    BalasHapus
  26. Ya uda kalau gitu U win and I win, ok right

    BalasHapus
  27. Benar juga gan, kalau orang sudah win duluan kita akan ikut win juga. Dan win yang di raih jauh lebih dahsyat. Thanks pencerahannya

    BalasHapus
  28. Baru tahu kalau win orang lain dulu baru diri kita sendiri, niche artikel

    BalasHapus
  29. mungkin harus disertai dengan pemikiran dan pengambilan keputusan yang tepat kali ya??
    takutnya kalau salah ngambil keputusan yang ada orang lain win kitanya malah lose,

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...