Ilmu ke-12 : Kekayaan adalah Kebebasan

Ketika orang-orang mengecilkan arti kekayaan, mereka bilang : “Tidak perlu kaya, yang paling penting kan bahagia.”  Dia mulai menetralisir keyakinan, dia tidak sinkron. Hidup ini penuh dengan pilihan misalnya kalo anda mau pilih hidup kaya dan bahagia bisa tidak? Bisa jawabannya. Misalkan kalo bisa milih kaya dan bahagia, kenapa harus milih miskin dan bahagia?

Sekali lagi ada orang ngomong “lebih baik miskin panjang umur, daripada kaya mati muda.” Itu pilihan yang sangat-sangatlah tidak adil, karena kekayaan adalah kebebasan.

Dengan kita kaya kita bisa berobat kepada dokter yang lebih baik. Dengan kita kaya kita bisa beramal lebih banyak, dengan kita kaya kita bisa memilih makanan yang lebih baik sehingga kita menjadi lebih sehat.

Dengan kekayaan kita bisa memilih dokter yang lebih baik sehingga kita bisa lebih panjang umur. Tanpa mengingkari bahwa takdir Tuhan, tapi dalam hal ini manusia diperkenankan untuk berusaha dan untuk berusaha apabila kita kaya, kita berusaha lebih baik. Dengan kekayaan kita mempunyai kebebasan untuk relationship kita.

Banyak orang ngomong : “Pak, uang kan tidak bisa membeli cinta.” Lalu ada orang yang nyeletuk : “Itu tidak tahu tempatnya saja.”

Betul, kadang uang tidak bisa membeli cinta, ketika orang-orang yang kita dekati mempunyai keyakinan yang salah tentang kekayaan : “Jangan-jangan kalo suami saya kaya nanti bisa bejat”, “Kalo mertua saya kaya nanti saya dihina.”

Akibatnya dia tidak mau mempunyai mertua yang kaya ataupun suami yang kaya karena dia mempunyai pemikiran dan keyakinan yang salah.

Nah sebetulnya kekayaan adalah kebebasan. Betul, kadang uang tidak bisa membeli cinta, tapi cinta saya akan jauh lebih indah kalo uang saya banyak.

keluarga harmonisBisa pergi ke Perancis, seperti yang saya lakukan dengan istri saya. Bisa membelikan hadiah ulang tahun istri saya Mercedes Bens. Bisa membeli jam Rolex, membeli berlian 4 karat. Ini yang terjadi, cinta kita akan lebih indah jika kekayaan lebih banyak dan kebebasan lebih banyak untuk mewujudkan cinta kita dengan lebih baik.

Demikian juga kita bisa bebas mengatur waktu kita, dan hubungan dengan anak-anak kita dan keluarga kita menjadi lebih baik, kalo kita memiliki banyak uang.

Banyak orang ngomong : “Kalo orang kaya itu uangnya lebih sedikit, karena dia sibuk cari uang, cari uang, cari uang, cari uang.”

Betul, ada orang yang seperti itu, tapi dia orang kaya yang sangat bodoh. Tapi kalau kita mau jadi orang kaya, jadilah orang kaya yang pintar. Dengan menjadi kaya, kita bisa meluangkan waktu lebih banyak, karena sudah bebas secara uang.

Dengan begitu, kita bisa meluangkan waktu sehingga hubungan kita dengan keluarga dan teman jadi lebih baik, karena waktu longgar nya jadi lebih banyak.

Jadi kekayaan adalah kebebasan.

.

.

source pict : synerbiz

This entry was posted in , , , , . Bookmark the permalink .

30 Responses to Ilmu ke-12 : Kekayaan adalah Kebebasan

  1. Artikel yang sangat berguna..
    Makasih atas ulasannya :)

    BalasHapus
  2. benar sekali,
    sebagai manusia kita memang harus banyak2 berusaha..
    termasuk untuk menjadi kaya.
    thanks-salam bloggers :)

    BalasHapus
  3. saya juga ingin kaya nih sob

    BalasHapus
  4. tanpa kebebasan kekayaan bukan lah apa apa..

    BalasHapus
  5. mantabs gan... tulisan yg sangat inspiratif

    BalasHapus
  6. setuju.....
    dengan kita kaya kita akan bebas melakukan apapun..
    asalkan masih wajar.

    BalasHapus
  7. kaya sudah pasti bebas..
    tapi bebas belum tentu kaya.

    BalasHapus
  8. artikel yang sangat bagus....
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    BalasHapus
  9. dengan kita kaya kita bisa bebas memilih mau hidup yang seperti apa dan bisa bahagia.

    BalasHapus
  10. siip, bener banget, dengan kita kaya apapun yang kita inginkan bisa kita dapatkan,

    BalasHapus
  11. hidup kaya, memudahkan kita beramal pada orang lain,

    BalasHapus
  12. Bodoh kalau ada orang yang tidak mau kaya, yang hanya ingin miskin tapi bahagia, benar, kalau ada pilihan kaya dan bahagia, kenapa harus pilih miskin bahagia?
    setuju deh sama agan

    BalasHapus
  13. dengan kaya hidup akan bahagia,,

    BalasHapus
  14. aku ingin kaya agan ini, bisa ngajak keluarga berlibur,beliin berlian, hidupnya pasti bahagia,, :)

    BalasHapus
  15. Jadikan kekayaan yang kita dapat untuk bekal ibadah kita kepada Alloh SWT,

    BalasHapus
  16. pasti itu..kekeyaan dapat buat beli apa aja bro..

    BalasHapus
  17. kekayaan itu harusnya bukan kebebasan gan, tapi kekayaan itu adalah kebersamaan...

    BalasHapus
  18. wealth is freedom......
    hahhaaaaa

    BalasHapus
  19. kekayaan bukanlah segalanya....
    tp kebahagian adalah yang paling utama.....

    BalasHapus
  20. kekayaan dan kebebasaan harus sama sama seimbang

    BalasHapus
  21. super sekali
    sukses selalu...

    BalasHapus
  22. Tetapi kebebasan tidak bisa di beli oleh uang

    BalasHapus
  23. Dan kekayaan tidak selamanya bisa membuat bebas

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...