ILMU KELIMABELAS

Ilmu ke-15 adalah “Pilih yang Menghasilkan, Lalu yang Anda Sukai, dan Akhirnya Pilih yang Mudah.”

Dakam memilih pekerjaan atau bisnis sering kali orang terbalik, seringkali orang memilih yang paling mudah terlebih dahulu. Walaupun dia tidak suka atau tidak menghasilkan seperti yang dia inginkan, dia tetap saja memilih yang paling mudah.

Contohnya : Ketika orang lulus kuliah atau lulus sekolah, pertama kali pekerjaan apapun yang diterima, seringkali dia tekuni sampai dia mati, ataupun dipecat ataupun ceritanya pensiun dia tidak berubah pekerjaan. Kenapa? Karena dia mencari yang mudah.

Dalam hidup ini kalo Anda cari yang mudah, Anda dapat yang mudah tapi belum tentu menghasilkan, tapi kalo Anda ceritanya cari yang menghasilkan dan yang Anda suka, mendadak hidup Anda akhirnya jadi mudah.

sesuatu yang kita sukaiJadi No.1 di dalam hidup ini dan dalam memilih bisnis kita harus pilih-pilih goal-goal kita yang seperti apa? Goal keuangan, goal kesehatan, goal waktu kita, goal relationship kita, goal intelektual kita, goal mental kita, goal apapun, dan kemudian kita sadari goal-goal tadi kira-kira butuh uang berapa? butuh biaya berapa?

Dan kemudian sadari goal-goal kita tadi butuh biaya berapa dan kapan. Dan dari biaya berapa, kita hitung kita butuh uang itu umur sekian umur sekian. Dari situ baru kita cari: Bisnis-bisnis apa atau pekerjaan apa yang bisa menghasilkan ke arah sana dalam waktu yang seperti saya inginkan.

Bisnis tadi bisa jadi banyak sekali, setelah ditulis, baru kita pilih: Mana yang kita suka. Kita harus memilih yang kita suka, karena kalau kita tidak suka, tidak bisa jalan. Coba bayangkan: “Apakah Michael Jordan bisa sukses seperti hari ini, tapi ternyata sebetulnya dia tidak suka basket?” Tidak mungkin.

“Apakah Madonna tidak suka nyanyi, tidak suka nari?” Tidak mungkin. Nah kita cari yang kita suka. Anda tanya: “Boleh tidak yang menghasilkan tapi kita tidak suka?” Jawabnya : Boleh, dengan syarat : secepat mungkin kita delegasikan.

Saran saya: cari yang Anda suka, tapi menghasilkan, menghasilkan suka. Kemudian dari yang menghasilkan dan Anda suka, baru pilih mana yang mudah dicapai.

.

.

pict from : farizky

This entry was posted in , , , . Bookmark the permalink .

19 Responses to ILMU KELIMABELAS

  1. andai saya disuruh milih, yang lebih kita sukai atau yang lebih menghasilkan? saya akan jawab "yang lebih kita sukai". karena menurutku, melakukan suatu pekerjaan yang tidak kita sukai (sekalipun itu lebih menghasilkan)maka sulit untuk mengoptimalkan pekerjaan itu sendiri.

    BalasHapus
  2. bener bangen gan..saya sontak menjadi semangat,,makasi banyak ya gan

    BalasHapus
  3. ok gan motifasinya menarik sekali....nice infonya...di tunggu kelanjutany

    BalasHapus
  4. saya selalu berharap ketika dikemudian hari saya bisa menjadi orang yang sukses amin,salam kenal dan terimakasih atas sharing ilmunya!!!

    BalasHapus
  5. Mudah-mudahan bisa terealisasi, bisnis yang saya suka dan menghasilkan banyak uang.tks untuk motivasinya

    BalasHapus
  6. memilih sesuatu yang kita sukai dan kemudian menghasilkan adalah hal yang sangat bagus..

    BalasHapus
  7. memang benar apa yang sudah biasa kita jalani itu adalah yang mudah , karna bisa itu kalo terbiasa

    BalasHapus
  8. iya bnar kalo hal yang tidak kita sukai di paksakan nanti hasilnya pun tidak akan baik

    BalasHapus
  9. santai aja gan, yg penting naik trus..

    BalasHapus
  10. saya suka tuch ama sarannya "cari yang Anda suka, tapi menghasilkan, menghasilkan suka. Kemudian dari yang menghasilkan dan Anda suka, baru pilih mana yang mudah dicapai."

    BalasHapus
  11. sama dengan menjadikan hobi namun mempunyai penghasilan.....

    BalasHapus
  12. bner banget tu ilmu 15 adalah "Pilih yang Menghasilkan, Lalu yang Anda Sukai, dan Akhirnya Pilih yang Mudah.”ok juga gan cuma kayaknya susah untuk di cari

    BalasHapus
  13. yang kita cari ya yang menghasilkan

    BalasHapus
  14. Terima kasih buat infonya, artikel Anda memberikan motivasi buat saya terus maju....

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...