Lanjutan Hikmah Kisah Seekor Anak Singa

Lanjutan dari atas, hikmah kisah seekor anak singa

                   

Filosofi menjalani hidup mengalir bagaikan air yang dimaknai dengan hidup santai saja, atau hidup apa adanya bisa dibilang prototipe, gaya hidup sebagian besar penduduk negeri ini. Bahkan bisa jadi itu adalah gaya hidup sebagian besar masyarakat dunia Islam saat ini.

Ketika saya pulang kampung, setelah sembilan tahun meninggalkan kampung halaman untuk belajar di Cairo, saya menemukan tidak ada perubahan berarti di kampung halaman saya. Cara berpikir masyarakatnya masih sama. Cara hidupnya masih sama saja. Pak Anu yang ketika saya masih di SD dulu kerjanya menggali sumur, sampai saya pulang dari Mesir, bahkan sampai saat saya berdiri di mimbar ini juga berprofesi menggali sumur. Bu Anu yang dulu kerjanya menjual air memakai gerobak sampai sekarang juga tidak berubah. Mbak Anu yang dulu jualan krupuk sambal di dekat SD sampai sekarang juga masih di sana dan berjualan dagangan yang sama.

takut berubah

Bahkan teman-teman yang dulu ketika di bangku sekolah dasar terlihat begitu rajin dan cerdas, yang dulu pernah bercita-cita mau jadi ini dan itu dan saya berharap ia telah meraih cita-citanya sekian tahun berpisah ternyata jauh panggang dari api. Orang-orang yang dulu hidup memprihatinkan ternyata sampai sekarang tidak berubah.

Kenapa tidak berubah?

Jawabnya karena mereka tidak mau berubah.

Kenapa tidak mau berubah?

Jawabnya karena mereka tidak tahu bahwa mereka harus berubah.

Bahkan kalau mereka tahu mereka harus berubah, mereka tidak tahu bagaimana caranya berubah. Sebab mereka terbiasa hidup pasrah. Hidup tanpa rasa berdaya dalam keluh kesah. Dan cara hidup seperti itu yang terus diwariskan turun-temurun.

Ada seorang sastrawan terkemuka, yang demi melihat kondisi bangsa yang sedemikian akut rasa tidak berdayanya sampai dia mengatakan, ”Aku malu jadi orang Indonesia!”

                          

terakhir pesan ada di terusan Hikmah Kisah Seekor Anak Singa ^_^

             

story from Habiburrahman El Shirazi at KCB 2

pict from : inspirasi hidupku

                 

.

This entry was posted in , , . Bookmark the permalink .

2 Responses to Lanjutan Hikmah Kisah Seekor Anak Singa

  1. ini hikmah yang sangat bagus sekali nih,
    makasih banyak atas infonya

    BalasHapus
  2. @ cara mengobati darah tinggi : ^_^

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...