TAHAPAN MEMBUAT BLOG

Mau berbagi dengan sobat semua tentang tahapan-tahapan membuat blog, maybe masih ada yang kebingungan.

Aslinya gampang aja kq sob klo kita pingin buat blog, nah gimana tahapannya biar blog kita bisa top markotop dan layak dilirik oleh siapapun, so kita berbagi disini. Disini bukan detail buat template dan macemnya, tapi tahapannya lho, lihat deh…gadis pusing 1. Yang harus kita lakukan pertama sebelum kita nge-blog kita harus punya minat dulu buat nge-blog nantinya. Gpp sih klo misalnya cuma buat keren-kerenan klo ditanya orang punya blog jadi bangga gitu, tapi aslinya ya sayang kan klo blog kita lumutan :D. So, siapkan niat buat nge-blognya, bukan karena paksaan, kecuali paksaan dosen/guru, itu mah lain cerita ;p

2. Pastinya kita punya email dulu, klo belum ya harus buat dulu. Apa itu imel? hariii giniii… ;p

3. Sebelum nentuin alamat blog, terlebih dahulu kita pilih platform blog kita dulu. Kita pingin di blogger, wordpress, blogdetik atau yang lainnya. Ada pilihan gratis dan pilihan berbayar, ada juga blog khusus mobile/phone. Terserah sobat feelnya dimana. Klo belum tahu, g usah bingung, pilih aja salah satu ntar pasti tahu seiring waktu yang berjalan. Dalam kondisi awal, blogger cenderung lebih berat daripada wordpress dan blogdetik, klo pingin blog kita sangat enteng pilih blogdetik, coz server dalam negeri, pastinya lebih cepat. Detailnya perbandingan blog cari aja sendiri ya sob.

4. Nah setelah kita memilih make blog berplatform apa, trus kita milih alamat blog kita. Silahkan sobat pilih yang paling menarik dan sobat inginkan. Usahakan mudah dibaca dan diingat, karena kita pastinya orang lain melirik blog kita, jadi nama alamatnya usahakan yang mudah diingat, dibaca dan dieja. Kecuali klo kita pingin blog kita hanya buat sendiri, tapi apa enaknya, hehe…

5. Nah klo proses daftar udah beres, biasanya kita diminta buat verifikasi dulu di email kita, setelah beres verifikasi, maka kita bisa mulai melihat daleman dari blog kita sob.

6. Setelah kita bisa mulai mengutak-atik blog kita, maka yang harus kita tentuin dulu sebelum posting adalah gimana layout, template dan tampilan blog kita. Gpp deh kita posting buat ngecek gimana sih rasanya posting pertama, he…

7. Selanjutnya, setelah kita sudah puas dengan tampilan dari blog kita, sudah rapi, dan sudah wangi, maka silahkan deh posting dengan postingan berkualitas yang kita inginkan, tapi apakah sudah selesai, belum sobb, masih ada langkah selanjutnya.

8. Sambil tetap posting, usahakan sehari sekali atau dua hari sekali, biar g lumutan, asal jangan berkala <kala ingat aja>. Kita harus mendaftarkan blog kita terutama ke tiga penguasa dunia maya yaitu google, yahoo, dan bing. Juga banyak yang selain itu tapi yang terutama pertama ya 3 itu. Masih bingung caranya, banyak sobat yang udah bikin tutorialnya kq. Dengan didaftarkan ini blog kita bisa lebih cepat masuk indeks di mesin pencarinya.

9. Yang perlu diingat adalah kita setelah mendaftar, maka google/lainnya akan meraba blog kita, nah biar blog kita bisa diraba maka kita perlu memasang kode verifikasi di blog kita/ meta tag yang biasanya ditaruh di html template kita. Nah, ini yang perlu mendapat perhatian, klo misalnya kita ganti template otomatis meta tag terhapus, so kita harus daftar lagi. Klo misalnya template kita tetap pun kita juga boleh daftar lagi tapi jangan terlalu dekat waktunya.

10. Selain tiga besar itu, kita juga harus mendaftarkan ke alexa. Karena alexa sering dibuat pedoman dalam ranking blog selain pagerank google dan jumlah backlink. Silahkan cri tutorialnya sendiri ya, hehe…    Dampak dari kita daftarkan blog kita di alexa adalah biasanya blog kita lebih cepat merangkak naiknya daripada tidak didaftarkan. Cobain aja deh klo g percaya.

11. Nah proses buat, tampilan oke, daftar udah selesai. Selanjutnya setelah posting, sempatkan buat nge-ping atau memasukkan alamat postingan kita ke tempat lain, bisa jejaring sosial atau mesin-mesin berita, atau tempat-tempat iklan lain. Karena klo udah diposting kesitu tingkat traffic bisa nambah banyak, disamping masuk ke jajaran top dari search engine.

12. Klo mau monetize dari blog kita, silahkan dimonetize, usahakan tingkatnya agak diatas dulu, ya PR minimal satu and alexa rank dibawah 2jt dah. Tapi hal ini tergantung strategi kita aja sob.

13. Tetap belajar sob, karena semakin kita pandai kita pasti akan merasa banyak yang kurang. Tetap berbagi, karena kita bisa jadi blogger yang profesional juga karena bantuan blogger-blogger lainnya yang udah lama malang melintang dan berbagi pengetahuannya.

Udah, gitu dulu tahapan yang harus dilakukan oleh blogger yang ingin benar-benar jadi blogger, minta masukan dari sobat yang sudah hebat-hebat nih, aku masih tetap belajar juga sob, silahkan klo ada tambahan, teringat kata-katanya Steve Jobs “STAY HUNGRY STAY FOOLISH”

       

pict from : code-13

                    

.

This entry was posted in , , , . Bookmark the permalink .

24 Responses to TAHAPAN MEMBUAT BLOG

  1. Narablog baru jangan ragu2 untuk bertanya kepada narablog yang udah lama ngeblog. :)

    BalasHapus
  2. wah alexa dan PR itu juga perlu di rencanakan ya Mas,,hehehe

    BalasHapus
  3. belajar ngeblog untuk newbie, aku kebanyakan pusingin muntahin uneg-uneg yang bejibun perlu baca ini. Ada waktunya uneg-unegnya habis kali ya, hehehe...

    BalasHapus
  4. wah ane belum daftar di alexa nih, pantesan aja pas diliat di page rank angkanya gemuk amat.. mesti dikurusin nih

    BalasHapus
  5. info yang menariknih
    makasih ya udah share
    salam kenal

    BalasHapus
  6. Kalau sudah punya blog jangan lantas dibiarkan mati suri. Hehehe

    BalasHapus
  7. selama ini andalan saya buat naikin trafik cuma BW aja dengan baik dan benar mas.. saya praktekkan ya mas

    BalasHapus
  8. mantap juga nie info nya sangat menarik nie...

    BalasHapus
  9. naikin trafik susah juga ya pdhal ane sering backlink, belum maksimal kali ya..

    BalasHapus
  10. Yang terpenting setelah blog jadi adalah tetaplah ngeblog dan konsisten ngeblog dengan posting, blogwalking dan sebagainya.

    BalasHapus
  11. makasih y atas tips'y... kebetulan saya belum punya blog sendiri,, he

    BalasHapus
  12. @ asop : ayo yang lain silahkan bertanya pada bang asop ^_^

    @ sofyan : bukan direncanakan, tapi dikejar lah boz :D

    @ ami : he, iya mbak

    @ obat radang paru-paru : ok

    BalasHapus
  13. @ alamendah : apalagi yang berbayar, sayang banget, aku masih terima blog nganggur kq ;p

    @ obat herbal penyakit lainnya : ok

    @ lozz akbar : wih, sang senior merendah euy :D

    @ xamthone plus : ok

    @ obat tradisional hiv/aids : jangan backlink spam, malah turun tuh :D

    BalasHapus
  14. @ HALAMAN PUTIH : sepakat white page ;p

    @ obat penyakit jantung : ok

    @ obat diabete meliitus : ok

    BalasHapus
  15. @All : sorry sob g bisa nanggepi satu-satu nih, tapi yang jelas semua aspirasi kalian dah kuserap (kayak anggota dewan aje :p) Thanx sob for everything, coz aq jarang ngenet nih :D

    BalasHapus
  16. Tips nya oke jg niy, makasih ya....

    BalasHapus
  17. siptt2 gan :)
    akuu juga puny tujuan buat ngshare2n ,, hehe :)

    BalasHapus
  18. oke dh good info..
    mkasih dah share

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...