Cara Membaca Fitur Statistik Blogger

Masih bingung bagaimana artinya data statistik yang tertampil di fitur statistik yang diluncurin blogger/ blogspot ? Maybe ni bisa membantu sobat semua yang masih bingung mengartikan yang tercantum di situ. Klo yang wordpress, blogdetik, blogdrive, dagdigdug dsb aku masih belum tahu sob, kapan-kapan kulihatnya ada yang serupa ato tidak. Sementara yang blogspot doeloe sob.

Klo masih belum tahu bagaimana masuk ke fitur statistik, bisa lewat dashboard/ dasbor kita, seperti ini

halaman dasbor

  ato klo sudah masuk di bagian dalam blog, lihat di statistik, tab menu paling kanan

tab dalam

Nah, setelah kita masuk ke statistik nanti ada 4 menu yang bisa kita lihat, yaitu overview, post, traffic source dan audience. Untuk postingan kali ini kita bahas yang tampilan overview, untuk tampilan lainnya berlanjut ke postingan berikutnya sob.

Ketika kita masuk tab statistik maka biasanya yang kita lihat pertama kali adalah overview. Klo g seperti itu, ya bisa jadi udah g standart lagi tuh, he…

Di overview ini aslinya adalah ringkasan statistik blog kita. Ada grafik kunjungan/ traffic ke blog kita/ pageviews beserta angka pageviewsnya di sebelah kanan, kemudian top 5 posting yang dilihat pengunjung, kemudian top 3 traffic source yang mengarah ke blog kita, kemudian yang paling bawah sebelah kanan adalah gambar peta dunia yang merupakan peta audience/ pengunjung blog kita.

Untuk post, traffic source dan audience akan kita lihat sekalian aja di edisi berikutnya. Coz yang tampil di tab overview ini adalah ringkasannya saja kq. Okea…

Sebelum masuk ke data overview, perlu kita ketahui bersama, di samping tulisan overview itu ada tulisan now, day, week, month, all time. Begitu pula nanti kita akan temukan di tab yang lainnya juga.

Kita lihat seperti gambar di bawah ini :

type durasi

Nah kelihat khan sob, jadi pilihan ini berpengaruh pada hasil statistik yang kita lihat nantinya. Kita lihat dan telanjangi satu per satu sob :

now

“now” ini rentangnya adalah 2 jam terakhir, jadi data yang ditampilkan adalah data yag masuk di 2 jam terakhir, data yang masuk pasti lebih sedikit daripada yang lainnya. kita lihat di sukrinsut terlihat hari ni pukul 05:29 – pukul 07:28

day

pilihan “day” rentangnya adalah sehari/ 24 jam. Jadi data yang terpampang adalah data yang masuk dalam sehari terakhir atau 24 jam terakhir. Screenshot kita lihat mulai kemaren pukul 08:00 – hari ni pukul 07:00 (Bedanya dengan now, adalah jamnya biasanya bulat/ 00, klo yang “now” sampai detail menitnya)

week

week” rentangnya adalah seminggu terakhir. Kita lihat seminggu ini yaitu mulai 15 Juli sampai saat ini.

month 

“month” rentangnya sebulan terakhir. Sudah g pake jam lagi, terlihat mulai 23 juni 2011 – hari ini 22 juli 2011.

all time

Ni pilihan terakhir yaitu “All time”, masih belum ada pilihan setahun terakhir, semester terakhir ato  lainnya. Jadi ini rentangnya mulai dari kita punya blog/ akun sampai hari kita mengaksesnya saat ini. Klo aku punya akun mulai mei 2009, walopun baru posting pertamanya di bulan oktober, tetap saja yang tertulis di statistik adalah bulan Mei.

 

Wiiiihhh bahas durasi aja udah panjang segini, berarti bersambung dulu ya sob, ni masih belum masuk overview ternyata, so bagi yang ingin tahu cara baca statistiknya lihat lagi edisi depan. Yang udah bisa baca stats maybe nanti ada masukan dari cara bacaku yang mungkin kurang tepat. Thanx sobbb…. panjangnya… ^_^

This entry was posted in , , , , , . Bookmark the permalink .

15 Responses to Cara Membaca Fitur Statistik Blogger

  1. Pinternya mas ini...

    Mas, perumahan ada lo di BLOG kami, monggo silahan berkunjung...

    BalasHapus
  2. Dulu pas waktu pertamakali buat blog gak ngeh dengan statistik beginian, nice info deh.. Buat orang2 yang gak ngeh juga seperti aku dulu kan yak :D

    BalasHapus
  3. @ obat herbal : semoga membantu

    @ jual rumah : hahaha, yep mbah, segera meluncur

    @ niee : klo baru buat ya g ngeh, ntar klo lama pasti ngeh :D

    BalasHapus
  4. Blogger telah menyediakan semuanya bagi 'pecintanya'. All in one. Fitur-fitur yang menarik. Memang memiliki sebuah blog juga membutuhkan 'pengelolaan dan perhatian' termasuk juga secara berkala dievaluasi melalui fitur-fitur yang disediakan oleh Blogger. Trims sharingnya. Salam blogger. Sukses selalu.

    BalasHapus
  5. saya pernah coba pake blogspot..
    ga ngerti2 makenya.. hehe..
    akhirnya balik ke WP lagi.. hoho..

    salam sama ummi nya ka, semoga ummi nya sehat2 aja, jaga ummi sebelum beliau menyusul bunda saya..

    BalasHapus
  6. thanks mas infonya, saya juga sering begini neh, nglihat statistik lewat blogger saja...

    BalasHapus
  7. Fitur stataistik blogspot ini sangat berguna...

    BalasHapus
  8. @ herdoni : yup, blogspot makin kerennn bang ^^

    @ fi : aq coba WP, jga g terlalu paham, makanya balik juga ke blogspot, hehe..

    amiiin fi, thanx ya

    @ cerita dewasa : wah klo agan pasti dah tau statistik ni, kerjaannya maen keyword teruss, he..

    @ wati : yep, sangat mbak

    BalasHapus
  9. heheh... tetep saja gx ngerti mas... coz saya gx punya blog... tapi boleh juga mas di coba,, he

    BalasHapus
  10. @ xamthone plus : buat aja, gampang khan..

    BalasHapus
  11. Thanks banget informasi nya sob.....

    BalasHapus
  12. @ angga : semoga bermanfaat boz

    BalasHapus
  13. Thanks mas info nya sangat menarik sekali

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...